Mencari ide

Ide Dan Peluang Usaha Mandiri Online

Bagaimana Menganalisa Ide Dan Peluang Bisnis

Memulai bisnis itu memang tidaklah gampang, Anda harus terus belajar dan tentu harus juga melakukan analisis pasar. Dengan melihat kondisi pasar dan menganalisanya anda bisa mengidentifikasi peluang bisnis yang mungkin bisa diambil.

Tanpa mengumpulkan data dan melakukan analisis pasar Anda tidak akan bisa melangkah kedepan untuk mengambil segala keputusan bisnis penting, maka dari itu sebelum melangkah kedepan semua harus dilakukan secara sistematis dan terencana. Anda harus tau langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan eksekusi terhadap ide dan peluang usaha.

Jadi bagaimanakah cara menganalisis pasar yang benar?

Bagaimanakah cara mengenali segala peluang bisnis yang didapat dengan cermat dan teliti?

Mencari ide dan peluang usaha baru

Dengan mengikuti petunjuk langkah demi langkah pada artikel ini, anda bisa belajar untuk menganalisa segala peluang bisnis yang mungkin bisa diambil kedepannya.

Berikut yang diperlukan dalam menciptakan ide dan peluang usaha adalah memahami kebutuhan pasar dan juga target yang harus dicapai, selanjutnya siapkan catatan dan coba jawab pertanyaan-pertanyaan pada poin-poin dibawah ini.

Bagaimana Cara Menganalisa Suatu Peluang

Pertama catat sebanyak mungkin segala produk usaha yang banyak di pasaran, terutama produk yang sering muncul di iklan atau sering diiklankan baik di TV maupun di media online.

Anda bisa mencari juga data di Google Trends atau data analytic lainnya sebagai referensi terhadap banyak-nya permintaan, pencarian google pada suatu rentang waktu tertentu hingga sekarang.

Sebagai pembanding Anda juga harus mencatat bisnis apa saja yang telah anda lakukan dan geluti selama ini, kenapa selalu gagal dan tidak berkembang. Anda harus mendapatkan jawaban mengapa produk atau layanan Anda tidak bisa berhasil di pasaran.

Analisis data-data yang telah anda didapatkan, apakah ada produk yang lagi ngetren yang bisa dimanfaatkan peluangnya untuk memulai bisnis baru.

Ingat Anda harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum memulai bisnis. Pastikan ide dan peluang usaha yang akan dikerjakan benar-benar mempunyai prospek yang bagus dan jangka panjang untuk bisnis Anda.

Pastikan segala ide dan peluang usaha atau prospek yang didapat akan mendatangkan keuntungan jangka panjang, agar bisnis dapat bertahan dan usaha anda bisa berkembang lebih baik lagi kedepannya.

Kumpulkan Data Masukan Dari Pelanggan Sebanyak Mungkin

Produk yang laris belum tentu akan memuaskan pelanggan, akan lebih baik bila produk yang laris tersebut terus ditingkatkan kualitas dan pelayanannya.

Ingat pelanggan yang puas akan terus membeli produk atau layanan anda, ini akan baik sekali untuk usaha anda kedepannya sehingga Anda tidak harus susah-susah lagi untuk mencari pelanggan baru agar usaha anda bisa bertahan.

Jika anda ingin bisnis bisa berkembang pesat tentu harus terus menjaring pelanggan baru sebanyak mungkin.

Untuk bisa mengumpulkan data masukan dari pelanggan anda bisa kan kontak langsung melalui email au atau telepon langsung kepada pelanggan yang sudah membeli produk Anda. Bisa juga mengadakan survei terhadap pelanggan secara berkala misalkan tiap bulan sekali, agar bisa mengevaluasi produk usaha Anda tiap bulannya.

Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan untuk mendapatkan data sebanyak mungkin terkait produk, misalkan alasan mengapa membeli produk tersebut atau juga menanyakan layanan apa seharusnya yang bisa diberikan selain produk.

Anda juga bisa menanyakan kepada pelanggan fitur apa saja atau apa hal baru yang bisa ditambahkan ke dalam produk agar mau beli lagi.

Kenali Produk Yang Menjadi Pesaing Usaha Anda

Kumpulkan data sebanyak mungkin terhadap produk yang bisa menjadi pesaing produk usaha anda. Anda harus bisa mengumpulkan siapa saja yang bisa menjadi pesaing usaha anda.

Catat apa saja yang menjadi kekuatan dan kelebihan dari produk pesaing tersebut. Coba amati dan analisis apa saja kekurangan dari produk usaha anda yang tidak dimiliki dan menjadi kelemahan dibanding dengan produk pesaing.

Anda perlu membuat daftar-daftar penting sebagai patokan dan bahan analisis terhadap efektivitas pasar dari produk usaha anda yang harus ditingkatkan atau diperbaiki kedepannya.

Berikut ini adalah hal-hal penting atau daftar yang harus menjadi pertimbangan sebagai bahan analisis:

  1. Apakah ada produk sejenis dengan produk usaha anda yang sedang mengalami pertumbuhan dan sedang bertahan dipasaran?
  2. Kelebihan apa yang mereka tawarkan tetapi tidak ada di dalam produk Anda?
  3. Siapa sajakah yang menjadi target pasar mereka?
  4. Trik apa saja yang mereka lakukan dalam pemasaran?
  5. Distributor atau supplier mana yang mendukung usaha mereka, misal kenapa produk mereka lebih murah?
  6. Berapa banyak kekuatan produksi mereka?
  7. Bila dimungkinkan untuk mengetahui seberapa besar kapitalisasi modal mereka yang bisa menjadi ancaman kelangsungan usaha anda, misalkan apakah mereka memiliki investor tetap atau tidak?

Dengan melakukan riset dan analisis pasar tentu anda akan mendapatkan banyak data penting sebagai bahan pertimbangan untuk memulai bisnis. Apakah anda tetap ingin bersaing dengan produk sejenis atau Mencari peluang baru yang kompetisinya lebih rendah.

Mungkin saat anda memilih atau memulai bisnis, Anda belum mempunyai pesaing yang berarti tetapi dengan seiringnya waktu ternyata muncul pesaing baru, maka hal ini harus diantisipasi dan harus dilakukan audit secara berkala agar produk usaha anda tetap lebih baik daripada produk kompetitor.

Harus Bisa Memahami Keinginan Pasar Anda Sendiri

Dalam usaha atau berbisnis pasar adalah medan perang anda. Anda harus bisa menguasai medan perang yang akan dihadapi atau sedang anda hadapi, maka dari itu Anda harus bisa mengukur dan mampu memahami pasar dengan menganalisanya. Berikut ini adalah poin-poin penting sebagai bahan untuk memahami pasar:

  • Seberapa besarkah antusias pasar terhadap produk usaha anda?
  • Apakah ada kenaikan permintaan atau malah permintaannya menurun?
  • Jika menurun Apa penyebab yang menjadi faktor menurunkan permintaan pembelian?
  • Seberapa besar dan ketat persaingan yang terjadi bila produk usaha anda memiliki kompetitor?
  • Apakah ada solusi alternatif agar bisa bertahan terhadap kondisi pasar dengan persaingan yang ketat?

Efisiensi

Jika bisnis usaha anda berorientasi produk barang maupun jasa tentu ingin mendapatkan untung sebanyak mungkin dari kuantitas penjualan, selain dengan meningkatkan penjualan anda bisa menggali potensi keuntungan dengan cara efisiensi dari hulu ke hilir. Berikut ini adalah poin-poin penting sebagai bahan untuk meningkatkan efisiensi pada bisnis anda:

Anda harus bisa mengukur kemampuan dalam menyediakan produk sesuai permintaan pasar. Jangan sampai produk yang diproduksi hanya menumpuk di gudang dan menggerus modal, maka dari itu Anda harus bisa mengukur kapasitas produksi sesuai permintaan pasar.

Anda harus bisa mengukur kemampuan SDM yang digunakan demi kelangsungan bisnis usaha anda. Jangan sampai ada pegawai atau karyawan yang tugasnya tidak sesuai dengan kemapuannya dan tidak sesuai porsi kerjanya.

Bikin standart kerja atau operasional kerja yang jelas dari A sampai Z, apa saja prioritas kerja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak harus dilakukan.

Hitung kembali dengan teliti segala operasional apakah ada pemborosan biaya marketing, produksi, gudang, transportasi, pengunaan listrik yang tidak perlu dan lain-lain.

Hitung dengan teliti kembali penyediaan bahan baku mentah hingga menjadi produk jadi, apakah ada peluang pemborosan modal yang bisa ditekan seminim mungkin.

Selalu Update Informasi Penting Yang Bisa Berdampak Pada Bisnis

Anda harus perhatian dengan segala informasi yang berkembang dan informasi baru yang mungkin bisa berdampak pada kelangsungan usaha atau bisnis anda, seperti poin-poin berikut ini:

Selalu mengikuti apa saja yang lagi ngetren terkait produk usaha anda.

Selalu mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi Apakah ada teknologi yang bisa dimanfaatkan dan diterapkan untuk produk usaha.

Aturan undang-undang dan regulasi pemerintah, apakah ada aturan yang menguntungkan atau bahkan merugikan yang bisa memukul usaha anda.

Kondisi politik, kondisi sosial masyarakat dan budaya pada masyarakat, yang mungkin berimbas pada produk Anda.

Selalu mengikuti kondisi ekonomi makro dan mikro, yang mungkin bisa mempengaruhi kelangsungan usaha anda.

Bila anda selalu antisipatif dan perhatian dengan segala kondisi yang terjadi dan selalu memonitor informasi-informasi baru. Anda akan lebih siap dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi, yang mungkin akan berdampak terhadap kelangsungan usaha dan bisnis anda.

Anda bisa segera mencari solusi dan mengambil tindakan penting untuk mengatasi segala problema atau kesulitan yang mungkin akan terjadi.

Misalnya, terjadinya pandemik Corona yang menyebabkan Lockdown, dengan demikian anda harus bisa mencari solusi alternatif agar usaha anda tetap bertahan bagaimanapun caranya.

Setelah siap untuk usaha online dan membutuhkan jasa pembuatan website untuk promosi online, Anda bisa menghubungi kami. Selamat mencoba dan menjadi pengusaha yang sukses…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *