Cara Promosi Yang Menarik Untuk Usaha Online

Daftar Isi

Apakah yang dimaksud dengan promosi online

Promosi online adalah salah satu cara promosi yang menarik atau strategi pemasaran yang menarik dalam mengenalkan dan menawarkan brand/merek produk barang maupun jasa secara online, dengan memanfaatkan segala kemajuan teknologi elektronik, media komunikasi dan juga berbagai platform internet.

Umumnya tindakan promosi adalah untuk membujuk orang lain agar menerima suatu gagasan/produk, yaitu upaya memasarkan produk dengan cara komunikasi persuasif sehingga calon konsumen lebih tertarik membeli produk yang ditawarkan dibanding produk kompetitor Anda.

Pada era sekarang ini promosi brand atau produk selain menggunakan website bisa dilakukan dengan berbagai cara misalkan melalui iklan di TV, iklan di media cetak, iklan di media elektronik, brosur, spanduk dan sosial media.

Setiap pemilik usaha pasti ingin usahanya sukses dan mendatangkan untung, berbagai langkah dan setrategi bisnis akan dilakukan, salah satunya adalah dengan promosi online.

Cara Promosi Yang Menarik Untuk Usaha atau Bisnis

Sebagai pengusaha tentu ingin agar produk jualan Anda laku keras dan memperoleh untung sebanyak mungkin dengan modal sekecil mungkin. Kegiatan pemasaran atau promosi adalah ujung tombak dalam mendapatkan pembeli, baik menggunakan cara promosi konvensional yaitu promosi secara offline maupun dengan cara online.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Dari Nol

Ada baiknya jika promosi offline dan promosi secara online bisa dilakukan bersamaan dalam menjaring target market produk sebanyak mungkin dan meningkatkan TRUST atau kepercayaan terhadap calon pembeli jika ada yang ingin datang langsung ke toko.

Strategi promosi atau pemasaran saat ini medianya bisa bermacam-macam tergantung fungsi dan tujuannya. Saat ini adalah era informasi, banyak orang memiliki smartphone dan banyak menghabiskan waktu dengan handphone-nya masing-masing. Media promosi yang paling efektif dan tidak boleh dilewatkan adalah promosi online dan trik-triknya juga bermacam-macam tergantung fungsi dan tujuannya.

Fungsi Promosi Online

Promosi online adalah untuk mempromosikan produk Anda tanpa ada batasan tempat dan waktu. Hal ini tentunya memberikan kenyamanan bagi Anda dan juga pelanggan yang menjadi target dari promosi online tersebut, karena tidak harus ketemuan langsung pada tempat dan waktu yang sama, seperti halnya dalam promosi secara offline.

Orang-orang yang ingin berbelanja ataupun sekedar melihat produk-produk di etalase toko online Anda bisa melakukannya kapanpun mereka mau.

Fungsi dari promosi online adalah untuk pemasaran, secara spesifik ada beberapa fungsi yang dibedakan sebagai berikut:

  • Fungsi promosi online sebagai pengenalan produk, yaitu untuk mengenalkan produk atau jasa dengan memberikan informasi dasar kepada konsumen atau edukasi terhadap calon konsumen yang menjadi target pemasaran.
  • Fungsi promosi online sebagai penawaran produk, yaitu untuk menawarkan produk kepada konsumen agar dapat mengambil keputusan supaya membeli produk.
  • Fungsi promosi online sebagai perbaikan mutu atau servis, yaitu dengan melakukan upaya evaluasi perbaikan kesalahan servis atau produk yang mengecewakan konsumen agar konsumen kembali mau membeli produk Anda.
  • Fungsi promosi online sebagai penjagaan konsumen, yaitu untuk menyediakan pelayanan kepada kosumen agar konsumen yang telah berlangganan tetap berlangganan seterusnya.

Tujuan Promosi Online

Tujuan dari promosi online adalah supaya proses pemasaran yang dilakukan bisa lebih efektif, baik dari segi waktu, biaya dan juga tenaga. Sebab kegiatan promosi adalah suatu upaya untuk menginformasikan, menyebarluaskan, memengaruhi, menawarkan, dan mengajak calon pembeli atau komsumen untuk menjadi pelanggan suatu produk atau jasa dari suatu brand yang ditawarkan/dikenalkan.

Promosi online hakekatnya untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas dari konsumen lama agar tetap setia, dengan memanfaatkan teknologi informasi. Tujuan akhirnya tentu untuk bisa menaikkan penjualan serta laba/keuntungan usaha, serta untuk membedakan dan mengunggulkan produk yang dipromosikan dibandingkan dengan produk kompetitor yang sejenis. Promosi online juga sebagai branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan secara online.

Manfaat Promosi Online

Dari poin-poin yang telah dibahas pada sebelumnya diatas maka bisa diambil kesimpulan sementara manfaat dari promosi online adalah sebagai berikut:

  • Jangkauan promosi yang dilakukan secara online jadi lebih luas, ketimbang promosi yang dilakukan secara offline.
    Dengan adanya internet dan teknologi canggih, maka bukanlah hal yang sulit untuk menghubungan antara satu orang dengan yang lainnya. Bahkan jarak dan waktu seolah bukan menjadi masalah besar. Sehingga tentu saja akan menjadikan jangkauan pasar akan semakin luas.
  • Efisiensi biaya promosi yang dilakkukan secara online lebih mudah dikontrol dan bisa diukur.
    Proses pemasaran atau promosi yang dilakukan secara online, akan bisa memangkas banyak waktu, tenaga dan biaya. Anda tak perlu bersusah payah turun tangan langsung kelapangan untuk menemui target konsumen, karena tanpa harus keluar rumahpun anda bisa memantau dan memasarkan bisnis anda kapanpun dan dimanapun juga. Dengan promosi online semua hal tindakan pemasaran yang dilakukan jadi bisa lebih efektif baik dalam segi waktu, tenaga maupun biaya.

Membina hubungan bisa lebih mudah dan cepat.

Dengan menerapkan setrategi pemasaran secara online atau promosi online, Anda menjadi tidak harus terikat jarak dan waktu dalam membina hubungan dengan konsumen atau target marketing produk. Anda mempunyai kebebasan yang tak terbatas juga dalam membangun relasi bisnis, supplier, agen dan reseller dalam pengembangan usaha.

Anda bisa memanfaatkan media sosial dalam membangun reputasi dan kepercayaan secara online.

Promosi online akan lebih efektif bila produk usaha Anda dipercaya dan diterima pasar secara online, maka dari itu media sosial menjadi ujung tombak dalam mengevaluasi respon pasara dalam pengembangan bisnis Anda. Review yang baik dan penilaian yang jelek akan lebih cepat menyebar di media sosial karena Comment, Like & Share. Maka dari itu Anda sebagai pengusaha online jangan sampai meremehkan media sosial.

Usaha atau bisnis yang dilakukan bisa lebih nyaman dan aman

Dengan menerapkan promosi online, peluang terjadinya penjualan bisa lebih cepat dan lebih mudah untuk dicatat, sebab segala transaksi atau aksi jual dan beli yang terjadi bisa dilakukan dengan cepat, aman dan nyaman.

Cara promosi yang menarik dengan gambar.

Cara Promosi Yang Menarik

Sudah dibahas sebelumnya bahwa promosi adalah ujung tombak perusahaan agar bisnis bisa bertahan dan berkembang kedepannya, sebab tanpa adanya kegiatan promosi produk barang maupun jasa usaha Anda tidak akan dikenal apalagi dibeli oleh pembeli. Maka dari itu kegiatan promosi tidak boleh asal dan sembarangan, harus benar-benar sesuai target yang ingin dicapi, harus direcanakan betul-betul dengan cermat dan teliti seperti: target audience, materi atau konten promosi, trik promosi yang digunakan, budget untuk promosi dan lain-lain.

Kegiatan promosi adalah upaya untuk bisa menarik minat calon pembeli atau target market agar bermint dan mau membeli produk yang ditawarkan. Trik dan cara promosi sebaiknya dikemas semenarik mungkin, agar peluang mendapatkan calon pembeli lebih besar.

Anda tentu ingin tau bagaimanakah trik dan cara promosi yang menarik untuk bisa diterapkan pada produk barang atau jasa yang ingin Anda tawarkan kepada calon pembeli atau konsumen.

Contoh Cara Promosi Online

Berikut sejumlah tips cara promosi online yang bisa Anda terapkan, agar promosi yang ditawarkan terlihat lebih menarik dan efektif untuk mendorong konsumen untuk segera membeli produk Anda:

Cara promosi yang menarik pada waktu-waktu sepesial atau musiman

Agar bisa menarik calon pembeli baru Anda bisa memanfaatkan momen-momen spesial, seperti Ramadhan Sale, Diskon Lebaran, Produk khusus Natal, atau Tahun Baru dan Harbolnas dengan mengadakan promo spesial juga. Dengan harga yang menarik dan waktu yang terbatas, diharapkan calon target konsumen bisa langsung membeli tanpa harus lama-lama.

Promosi dengan batas waktu

Seperti halnya cara promosi pada waktu-waktu spesial sebelumnya, untuk meningkatkan urgensi berikan juga batas waktu pada promosi Anda. Durasi promosi bisa beragam jangka waktunya, baik mingguan, harian, atau bahkan hanya beberapa jam saja seperti flash sale. Dengan cara ini, cara konsumen yang tertarik akan segera membeli produk agar tidak ketinggalan. Selain batas waktu, Anda juga bisa memberikan batas jumlah customer yang bisa mendapatkan promo.

Rencanakan promosi dengan konsep yang unik

Anda bisa mencoba berbagai konsep promo yang unik dan berbeda dari biasanya. Misalnya memberikan diskon berdasarkan tanggal lahir atau umur. Bisa juga dengan menerapkan strategi promo bundling produk, cross selling, atau upper selling dimana Anda untuk memberikan nilai tambah pada produk yang akan dibeli konsumen. Semakin unik promo yang ditawarkan, akan semakin mudah untuk menarik perhatian calon konsumen.

Terapkan minimum order atau jumlah pembelian pada satuan harga

Buat calon pembeli Anda hitung-hitungan untuk mendorong melakukan jumlah transaksi pembelian yang lebih banyak. Anda bisa menetapkan minimal pembelian bagi calon konsumen yang ingin mendapatkan promo yang lebih besar, misal beli 3 gratis 1 tetapi harganya tentu sudah diseting sebelumnya agar tidak rugi. Cara ini akan menarik konsumen yang awalnya hanya ingin membeli satu atau sedikit barang jadi tergiur menambah pembelian untuk bisa mendapatkan promo tersebut.

Customer Care & Reward

Segala strategi dan cara promosi tidak hanya untuk menarik pembeli atau pelanggan baru. Strategi promosi Anda harus juga bisa mempertahankan pelanggan lama yang sudah pernah beli, agar puas dan mau untuk membeli produk Anda lagi.

Menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan dan dorong mereka untuk kembali melakukan transaksi pembelian lagi akan bagus sekali buat bisnis Anda. Ada berbagai macam strategi promosi yang bisa diterapkan, misal dengan memberikan diskon khusus kepada pelanggan yang telah melakukan transaksi pembelian lebih dari 3 kali.

Memanfaatkan berbagai macam teknologi dalam strategi promosi

Saat ini sudah banyak sekali kemudahan dan berbagai macam teknologi untuk promosi online seperti : email marketing tool, push notification, Whatsapp, dan media sosial untuk meningkatkan jangkauan target audience Anda.

Promosi Anda bisa di share dan diketahui lebih banyak lagi orang dengan trik viral di media sosial misal, atau bisa juga bekerjasama dengan influencer dengan memberikan kode promosi khusus bagi influencer agar follower atau para pengikutnya yang tertarik untuk membeli produk bisa diketahui sehingga penjualan dapat meningkat.

Strategi promosi yang tepat akan tentu dapat memaksimalkan keuntungan yang didapat dan membantu bisnis dalam menjangkau audience yang lebih luas dan tepat. Jangan lupa juga untuk menghitung biaya promosi dengan tepat, sebelum Anda memutuskan untuk scaleup atau mengadakannya agar profit yang diraih sebanding dengan biaya promosi yang dikeluarkan.

Contoh kalimat promosi bisnis online

Menawarkan produk barang atau jasa adalah untuk menarik perhatian dan juga untuk mempengaruhi target pasar atau audience agar mau untuk membeli.

Kalimat ajakan, sentilan, tawaran, maupun penjelasan produk harus bisa dirangkai dan dibungkus rapi sedemikian rupa, agar bisa menarik minat serta mempengaruhi emosi calon pembeli dalam mengambil keputusan untuk beli :

Ingin anak anda bisa bermain sambil belajar serta aktif selama dirumah dan agar tidak main HP mulu?😭
Souvenir Tahlilan 40 Hari, Souvenir Tahlilan 100 Hari Dan Souvenir Tahlilan 1000 Hari yang unik, bermanfaat harga bersahabat hanya di 

@ezen.id
.
.
πŸ‘ Unik dengan kemasan yang menarik seperti miniatur kakbah yang 

didesign dan berfungsi sebagai celengan. Serta kemasan yang 

lainnya dengan design custom sesuai pesanan.
.
.
πŸ‘ InsyaAllah sangat bermanfaat dan mengalirkan pahala kepada si 

pemberi karena isinya sajadah, tasbih, mukena, sarung ataupun 

kerudung (bisa by request) 
.
.
πŸ‘ Harga sangat bersahabat mulai dari Rp. 24.000 sudah 

mendapatkan kemasan yang unik dan cantik, greating card, FREE 

tasbih serta isi bisa menyesuaikan pesanan
.
.
yang mau tanya tanya silahkan menghubungi kami di  WA : 08956-3291-6848 😘😊
http://wa.me/62895632916848

Sebelum Anda membuat kalimat promosi untuk bisnis Anda, pastikan agar mengikutsertakan beberapa elemen penting pada kalimat, yaitu:

  1. Merupakan kalimat untuk menawarkan produk
    Jika tujuan dari promosi Anda ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk, maka pastikan Anda sudah menyertakan kalimat terkait penawaran produk barang atau jasa yang ditawarkan. Anda bisa menonjolkan kalimat-kalimat yang menunjukan keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan oleh pembeli saat membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
  2. Ungkapkan keunggulan dari produk yang ditawarkan
    Buat kata-kata tentang produk Anda yang unik dan menonjol dibandingkan produk lain yang sejenis. Keunggulan adalah fokus utama dalam memasarkan produk dan akan membuat sebuah promosi lebih menjual.

Berikut poin-poin penting yang harus dipersiapkan dalam membuat kalimat promosi yang menarik:

Menyusun kalimat ajakan

Tambahkan kalimat ajakan untuk mendorong orang atau calon pembeli agar lebih cepat dalam mengambil keputusan dalam membeli barang yang Anda tawarkan, contoh “Ayo beli sekarang juga, jangan sampai kehabisan!”

Buat kalimat yang dapat menyita perhatian

Jika berkaitan dengan sesuatu yang sedang banyak diperbincangkan atau sedang viral di media sosial. Anda bisa menggunakan kalimat yang memanfaatkan isu-isu kekinian, misal dengan menyertakan hastag ‘#’ yang lagi trending atau kalimat-kalimat yang lagi trend.

Selain itu Anda juga bisa membuat kalimat kombinasi antara huruf dan angka yang dapat menyita perhatian seperti “Buy 1 Get 1!” atau “But 1 Get 50% Off!”, karena angka-angka pendek akan lebih cepat ditangkap oleh target audiens Anda. Selain itu, simbol % dalam kalimat tersebut juga langsung memancing reaksi calon pembeli yang notabene selalu mencari produk dengan harga yang lebih murah.

Tambahkan kalimat tantangan pada konsumen

Kalimat tantangan dapat memancing rasa penasaran serta menimbulkan efek FOMO atau fear of missing out karena takut tertinggal trend terkini, tidak ingin kehabisan produk yang ditawarkan, dan juga berharap mendapatkan harga termurah.

Contohnya, “Harga termurah! Buktikan sendiri!”, “Yakin nggak mau punya jam kekinian ini?” atau ” Promo hanya sampai besok loh, jangan sampai kehabisan nyesel!”. Kalimat-kalimat yang menciptakan urgensi, sehingga calon pembeli akan lebih tergerak untuk segera membeli.

Tonjolkan kalimat yang memuat keunikan produk

Kalimat yang menonjolkan keunikan yang dimiliki produk umumnya adalah merupakan trik promosi atau pemasaran yang banyak diaplikasikan oleh para pengiklan.

Kalimat yang menonjolkan keunikan produk disisipkan tetapi dengan catatan, Anda sebaiknya jangan melakukan komparasi atau perbandingan dengan produk kompetitor dalam kalimat promosi yang Anda buat. Komparasi justru akan membuat calon pembeli penasaran, sehingga hal ini malah menjadi promosi yang gartis bagi kompetitor usaha Anda.

Fokuskan juga kalimat promosi dengan manfaat yang diberikan produk

Kalimat promosi yang menitikberatkan pesan pada manfaat yang akan dirasakan jika pembeli dari produk Anda agar calon pembeli yakin. Contoh “Mesin cuci yang membersihkan 5x lebih cepat!” atau “Balsem gosok yang hangatnya bertahan sampai pagi….”

Kalimat promosi kontradiktif antara hal yang umum dan yang Anda tawarkan

Produk atau jasa yang Anda tawarkan dapat menjadi sebuah solusi yang dapat Anda tawarkan untuk permasalahan yang ada di masyarakat. Contoh “Bingung cari ide souvenir Islami untuk tahlilan 1000 hari…, ogah mengemasnya sendiri agar terlihat lebih ekslusif?”

Media Promosi Online

Media promosi online adalah media atau alat “tools” yang digunakan untuk mengenalkan produk jasa merek dan usaha melalui media elektronik serta sosial media, agar bisa banyak menjangkau calon pembeli dari produk yang ditawarkan. Trik dan cara yang dilakukan bisa beragam, seperti beriklan, menggunakan influencer, menggelar suatu event, dan lain-lain, media yang digunakan pun bisa beragam.

Jasa Web

Apa saja trik atau cara promosi produk online?

Trik pemasaran sangat penting untuk setiap pelaku bisnis, terutama bagi Anda sebagai pebisnis online, mengingat saat ini persaingan dalam bisnis online sangat ketat dengan banyaknya pengusaha online baru, sebab untuk memulai bisnis online saat ini tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk mempelajari bagaimana cara promosi produk secara online.

Namun menjalankan bisnis online itu tidaklah sesederhana setelah membuat website pengunjung pasti akan datang berbondong-bondong untuk berbelanja atau mengunjungi website Anda. Anda perlu melakukan promosi online dengan cara yang tepat dan benar sehingga mereka mau datang ke website atau toko online Anda dan melakukan transaksi secara online pula.

Berikut ini adalah trik-trik dan cara promosi online yang efektif dalam menawarkan produk serta mendatangkan pengunjung atau trafik yang berkualitas untuk website Anda:

Melakukan optimasi SEO

Optimisasi mesin pencari atau search engine optimization (SEO) memungkinkan Anda melakukan promosi secara online dengan lebih baik. Anda bisa mengoptimalkan situs bisnis online Anda dengan teknik SEO ini sehingga menempati peringkat teratas di mesin pencarian.

Penerapan teknik SEO juga berkaitan dengan kata kunci, judul, juga konten yang dibuat dengan mengikuti kaidah SEO yang seharusnya.

Anda bisa mempelajari teknik ini melalui berbagai artikel atau video yang sudah tersedia di internet. Tinggal masukkan kata kunci yang Anda butuhkan, maka Anda bisa mendapatkannya.

Dengan cara yang sama pula, kata kunci yang tepat jika Anda gunakan di situs bisnis online Anda, maka akan memudahkan pengguna internet di luar sana menemukan situs bisnis online Anda lengkap dengan produk, layanan, sekaligus nama brand usaha Anda.

Membangun media sosial untuk meningkatkan interaksi dan kepercayaan

Media sosial adalah tempat yang bagus untuk memfokuskan postingan terkait produk atau brand. Anda bisa mencoba membuat fanpage di facebook atau juga membuat akun Instagram untuk produk atau brand yang akan dipromosikan.

Semakin banyak follower yang dikumpulkan maka semakin besar peluang Anda untuk menjalin interaksi dengan calon pembeli. Anda bisa menggali lebih banyak peluang seperti menangkap keinginan audiens, meningkatkan kepercayaan pembeli dan dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen Anda.

Jangan remehkan media sosial sebab media sosial bisa jadi merupakan kolam bisnis online Anda, yang harus dirawat dan dijaga demi keberlangsungan serta peningkatan bisnis Anda kedepannya.

Beriklan di media sosial

Promosi melalui media sosial juga bisa Anda lakukan untuk target pasar Anda pengguna media sosial yang aktif, karena saat ini banyak orang yang menghabiskan waktu mereka di berbagai platform media sosial.

Anda dapat menggunakan foto dan video dalam iklan tersebut yang memberi informasi lengkap mengenai produk, jasa, maupun layanan Anda. Buatlah foto produk dengan tampilan yang artistik, tajam, dan menarik.

Anda bisa membuat video interaktif yang memancing audiens Anda agar ikut pula membagikan video tersebut sehingga menjadi viral. Ada cukup banyak video marketing yang unik dan menjadi viral tersebar di internet dan media sosial. Cobalah tonton video-video itu sebagai sumber inspirasi, kemudian terapkan untuk membuat video marketing Anda sendiri.

Tidak hanya itu, jenis produk yang Anda tawarkan juga mempengaruhi platform manakah yang pas untuk digunakan. Jika Anda ingin banyak menampilkan foto produk sebagai keunggulan, seperti makanan, tentu menggunakan Instagram lebih tepat.

Beriklan di Facebook dan Instagram

Jika audiens Anda menghabiskan banyak waktu di Instagram, maka fokuskan pemasangan iklan di Instagram dengan menggunakan Instagram ads atau juga Facebook jika target audiens Anda banyak pengguna Facebook.

Untuk bisa beriklan di Facebook dan Instagram Anda harus belajar juga trik-triknya, jangan asal iklan kalau tidak ingin boncos atau rugi. Anda harus mengerti betul target audiens yang ingin ditarget, bagaimana membuat copy writing atau penawaran yang menarik serta harus bisa melakukan testing dan learning dalam menggunakan pixel.

Bila Anda tidak ingin ribet dan pusing dalam beriklan di Facebook maupun di Instagram, Anda bisa menggunakan jasa iklan Facebook ads dan IG ads.

Beriklan di Twitter

Beriklan di Twitter menjadi salah satu cara bagi pebisnis online untuk mempromosikan produk atau brand-nya agar mendapatkan jangkauan pelanggan baru.

Twitter akan menampilkan iklan di timeline user dengan ditandai ikon “promoted” atau “dipromosikan”. Anda mungkin sudah sering menjumpai konten yang berlabel iklan di Twitter muncul di beranda selain twitan dari akun-akun yang di-follow.

Beriklan di twitter Anda dapat menjangkau pengguna baru, khususnya yang bukan followers Anda, agar tertarik terhadap konten iklan.

Untuk memulai iklan buatlah konten iklan yang menarik, bisa dalam bentuk format tulisan, gambar, atau video, agar banyak user yang mengambil tindakan terhadap twitan iklan tersebut.

Menampilkan iklan di Twitter tidak terlalu sulit, tinggal ikuti saja prosedur di twitter ads. Beriklan di twitter juga dinilai relatif murah alias tidak terlalu mahal, Anda bisa memulai dan mencobanya dari budget yang rendah sekalipun.

Beriklan di Tiktok

Hampir semua pengguna internet mengetahui aplikasi tiktok yang tengah viral tersebut. Pertanyaannya, Apakah aplikasi tersebut cocok untuk dibuat sebagai media promosi online?

Tiktok adalah sebuah aplikasi sosial media yang memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek dengan memberikan special effects unik dan menarik.

Dengan banyak jumlah pengguna Tiktok saat ini, Tidak ada salahnya mulai menggunakan Tiktok sebagai media promosi online.

Iklan Tiktok terdiri dari beberapa jenis, termasuk:

  • Pre-roll ads: Iklan Video yang dimulai setelah pengguna membuka aplikasi tiktok
  • In-feed ads: Iklan Video yang muncul saat pengguna scroll feed
  • Promoted hashtag challenges: Video yang mendorong para pengguna menggunakan tagar khusus
  • Branded effects: Filter efek khusus untuk digunakan oleh pembuat konten di video – mirip dengan yang ada di Snapchat dan Instagram tetapi menampilkan informasi khusus brand.

Beriklan di tiktok juga harus belajar trik-triknya dalam penggunaan tiktok ads, seperti membuat konten video yang menarik dan menetukan karakteristik audiens yang akan ditarget.

Bila Anda tidak ingin ribet dan pusing juga dalam beriklan di platform media sosial ini Anda bisa menggunakan jasa tiktok Ads.

Beriklan di google dan youtube

Beriklan di Google merupakan salah satu strategi promosi online yang harus Anda coba. Kenapa? Sebab, peluang iklan Anda akan dilihat oleh banyak orang jadi lebih besar, untuk meningkatkan penjualan (sales), website traffic, leads, product and brand consideration, app promotion, dan brand awareness.

Perlu diketahui, ada beberapa jenis iklan Google yang bisa Anda pilih yaitu:

Google Ads merupakan layanan iklan berbayar yang ditampilkan di halaman hasil pencarian Google (search engine). Dengan strategi search network campaign, iklan Anda akan muncul sesuai pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis usaha Anda.

Ada beberapa kelebihan menggunakan jenis iklan google ini. Pertama, iklan Anda bisa dilihat oleh banyak orang. Kedua, Anda bisa menentukan target audience dengan lebih spesifik. Jika tujuan iklan Anda memang untuk meningkatkan penjualan, trafik website, dan leads.

Google Display Network

Google Display Network (GDN) merupakan jenis iklan berupa teks maupun gambar yang ditampilkan di website, aplikasi, dan mobile games.

Jenis iklan Google ini dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Alasannya, GDN mampu menjangkau 90% pengguna internet. Selain itu, peluang iklan Anda diklik juga lebih besar. Sebab, tampilan visual lebih menarik audiens daripada sekedar teks.

Ada beberapa tips ketika beriklan dengan GDN. Pertama, buat visual iklan agar menarik. Kedua, gunakan berbagai format iklan yang tersedia. Pastikan menerapkan iklannya dengan tepat agar sesuai target bisnis usaha Anda.

Google Shopping

Google Shopping adalah layanan iklan Google dalam katalog yang menampilkan informasi produk lebih detail. Artinya, bukan hanya menampilkan gambar dan nama produk, tetapi juga harga dan link url toko online-nya.

Dengan iklan Google ini, transaksi penjualan bisa mudah dilakukan. Tak heran, Google Shopping cukup ampuh dalam meningkatkan conversion rate toko online Anda. Perlu diketahui pada iklan google ads ini Anda juga bebas mengatur budget sesuai kebutuhan.

YouTube Ads

Beriklan di Youtube Ads hendaknya harus dengan format video untuk YouTube, meskipun bisa juga berupa teks atau gambar. Beriklan di YouTube sangatlah menguntungkan karena jumlah penggunanya merupakan yang terbanyak di Indonesia.

YouTube Ads memiliki beberapa tipe iklan yang bisa Anda pilih sendiri. Ada Skippable in-Stream Ads yang bisa diskip, Discovery Ads yang akan muncul di halaman hasil pencarian hingga Non-video Ads yang formatnya bisa berupa teks atau gambar.

YouTube ads cocok untuk berbagai tujuan. Mulai dari meningkatkan brand awareness, product consideration, traffic website, hingga leads.

Google AdMob

AdMob merupakan kependekan dari advertising on mobile. Jenis iklan Google ini dapat membantu Anda mempromosikan produk secara online lewat aplikasi seluler atau mobile. Dengan Google AdMob, banner iklan Anda akan muncul di aplikasi seluler yang digunakan pengguna.

Google AdMob bersifat multiplatform. Artinya, mendukung berbagai sistem seperti Android, WebOS, iOS, dan Windows Phone.

Salah satu fitur penting Google AdMob adalah Open Bidding. Anda dapat melakukan penawaran harga klik iklan dengan mudah. Jadi, Anda bisa mendapatkan harga yang sesuai budget Anda. Untuk menggunakan Google AdMob, memang perlu langkah teknis dibanding jenis iklan lainnya. Namun, selama mengikuti panduan, Anda akan dapat melakukannya dengan mudah.

Beriklan di marketplace

Selain berjualan di toko online sendiri atau website tidak salahnya bila Anda juga membuat toko online juga di berbagai marketplace Indonesia yang ada saat ini. Memang ada kekurangan dalam branding dan data customer yang akan dishare juga dengan pihak ketiga atau marketplace, namun bagi Anda yang baru memulai berjualan online hal ini patut dicoba.

Saat ini ada begitu banyak pilihan marketplace yang bisa Anda gunakan untuk berjualan online. Marketplace memudahkan para pebisnis kecil untuk menjual produk mereka tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar. Apalagi saat ini semakin banyak orang yang berbelanja lewat marketplace.

Namun dengan kemudahan berjualan di marketplace, jumlah orang yang berjualan di platform-platform tersebut pun membludak. Artinya jika kamu tidak memahami trik-trik berjualan di marketplace, maka kamu bisa kesulitan bersaing dengan bisnis lainnya.

Beriklan di Tokopedia

Tokopedia merupakan e-commerce besar yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Tokopedia menjadi salah satu e-commerce favorit masyarakat karena menyediakan beragam produk secara lengkap dan berbagai promo menarik setiap harinya. Hal ini yang menyebabkan banyaknya penjual atau seller baru yang membuka toko di Tokopedia. Tokopedia memiliki banyak fitur yang dapat digunakan oleh seller untuk meningkatkan penjualan salah satunya fitur TopAds.

Top Ads merupakan fitur yang disediakan oleh Tokopedia untuk para penjual atau seller dalam mempromosikan produk dan toko seller di Tokopedia. Seller yang mendaftarkan tokonya di Top Ads akan mendapatkan beberapa keuntungan dan produk yang diiklankan akan muncul dibeberapa halaman strategis yang ada di Tokopedia seperti :

  1. Pada halaman beranda Tokopedia, halaman beranda menjadi halaman awal yang dilihat oleh pengunjung. Sehingga besar kemungkinan produk yang diiklankan disana, menjadi pusat perhatian bagi pelanggan.
  2. Pada halaman favorit Tokopedia, halaman favorit tentu saja akan banyak dikunjungi oleh pelanggan, sehingga jika produk yang anda iklankan muncul pada halaman ini, besar kemungkinan untuk diminati.
  3. Pada halaman kategori produk, halaman kategori merupakan halaman yang banyak diakses, iklan yang sesuai akan muncul ketika pelanggan memilih kategori produk.
Beriklan di Shopee

Shopee salah satu perusahaan ecommerce ternama yang ada di Indonesia, terlebih saat ini Shopee menjadi pilihan utama bagi semua orang yang suka belanja online. Tentunya ada cukup banyak alasan kenapa lebih memilih aplikasi online Shopee bila dibandingkan dengan marketplace lainnya.

Gencarnya iklan Shopee saat ini diberbagai media eletronik tidak hanya disukai oleh para konsumen saja, para pebisnis online shop juga mulai beralih ke marketplace satu ini karena menawarkan banyak promo dan diskon khusus.

Iklan Shopee adalah sebuah fitur khusus seller atau penjual untuk mempromosikan produk atau barang yang bisa Anda akses melalui perangkat komputer, Laptop dan Smartphone. Dengan menggunakan fitur iklan Shopee, seller atau penjual dapat meningkatkan penjualan produk maupun juga meningkatkan performa tokonya.

Shopee memberikan beberapa jenis iklan yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan seller, seperti Iklan Kata Kunci, Iklan Produk Serupa dan Iklan Toko. Masing-masing jenis iklan tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang bisa Anda rasakan setelah menggunakan fitur dari Shopee tersebut.

Beriklan di Bukalapak

Marketplace Bukalapak adalah salah satu situs populer untuk jual-beli online yang memiliki user atau pelapak ratusan ribu bahkan bisa jutaan orang yang setiap harinya aktif berjualan disana.

Dengan jumlah pengguna atau pelapak yang sangat banyak inilah menjadikan peluang dalam meningkatkan pembelian atas produk yang Anda jual akan semakin berkurang, karena produk yang Anda upload akan terus tertimpa dengan ribuan produk baru dari toko lainnya.

Metode Iklan yang ada di bukalapak ada 3 macam yaitu :

1. Pasang Iklan di Bukalapak melalui Push Promote

Push Promote adalah fitur push atau sundul produk agar ada di paling atas di pencarian, direkomendasikan untuk membeli paketan push daripada membeli satuan push. Perbedaanya jika beli satuan push harganya 1000 rupiah perpush, sedangkan bila membeli paketan push harga perpush jauh lebih murah yaitu 50x push untuk 25.000 rupiah atau bila dibagi hanya 500 rupiah perpush (jika harga nya belum berubah).

2. Pasang Iklan di Bukalapak melalui BukaIklan Shopping

BukaIklan Shopping akan mengiklankan produk Anda di Google Shopping dan google search, budget yang bisa Anda gunakan mulai dari 10ribu rupiah perhari.

3. Pasang Iklan di Bukalapak dengan BukaIklan Facebook

Di metode ini Bukalapak menawarkan iklan produk Anda untuk bisa tampil tertarget di situs jejaring sosial facebook dan instagram, sehingga produk Anda bisa tampil di luar system bukalapak untuk menjaring lebih banyak orang masuk dan belanja produk yang Anda jual.

Beriklan di Lazada

Di Lazada, jumlah produk yang ditawarkan melalui marketplace ini cukup beragam dan banyak dikenal oleh masyarakat. Hampir sama dengan kebanyakan situs belanja online atau marketplace lainnya, Lazada juga memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha.

Hal itulah yang membuka peluang bisnis online cukup menjanjikan bagi para pebisnis pemula untuk mengembangkan usahanya.

Ada beberapa fitur promosi di Lazada yang bisa Anda gunakan dalam meningkatkan penjualan toko Anda, diantaranya adalah sebagai berikut:

Naikkan Produk (Gratis)

Fitur ini gratis. Bisa menaikkan produk Anda atau sundul produk di halaman pencarian Lazada.

Lazada menyarankan beberapa produk ini untuk dinaikkan:

  1. Produk campaign.
  2. Produk terlaris.
  3. Produk yang paling banyak ditambahkan ke troli.
  4. Produk yang paling tinggi skor kontennya.
  5. Produk yang sedang promo.

Namun, fitur ini hanya berlaku kalau toko Anda sudah memenuhi beberapa syarat berikut:

  • Rating seller positif >70%.
  • Produk yang tayang >3.
  • Respon penjual lewat chatting >85%.
  • Toko sudah didesain custom.

Afiliasi Bersponsor (Berbayar)

Sistemnya seperti menjaring reseller tapi Anda tidak harus ribet mengurusi semuanya. Anda hanya harus mendaftarkan produk ke Afiliasi Bersponsor. Lalu, sistem Lazada bekerja untuk mempromosikan produk Anda di Mitra Afiliasi.

Mitra Afiliasi ini ada banyak. Mulai dari Content Creator, Pemilik Situs Populer, Aplikasi Cashback seperti Shopback, iPrice, Priceza, TrueMoney, dan banyak lagi.

Pencarian Bersponsor (Berbayar)

Iklan Pay per Click atau Bayar per Klik. Anda mengiklankan produk di halaman pencarian Lazada dan sections Saran Produk.

Artinya dari PPC ialah, Anda baru akan membayar apabila ada orang yang me-klik produk Anda.

Kelebihan menggunakan Pencarian Bersponsor tentu produk Anda akan lebih tepat sasaran.

Seller Voucher (Berbayar)

Dengan fitur iklan ini Anda bisa meningkatkan pengunjung toko dengan menggunakan promo belanja online atau voucher. Selain itu, angka konversi dan jumlah barang yang dipesan juga bisa meningkat.

Free Shipping atau Gratis Ongkir (Berbayar)

Fitur gratis ongkir. Dengan catatan, Anda yang menanggung ongkir pembeli.

Dengan fitur iklan ini tentu untuk menarik pembeli dan meningkatkan penjualan. Lazada mengklaim, produk yang ada logo Free Shipping-nya mengalami kenaikan 4x lipat untuk jumlah pesanan dan 2x lipat untuk angka pendapatan.

Beriklan di OLX

OLX adalah salah satu platform yang digemari oleh banyak pengguna di Indonesia, dulunya OLX bernama Toko Bagus yang sudah lama menjadi salah satu platform idola untuk memasang iklan dalam menawarkan berbagai barang maupun jasa, termasuk barang bekas, khususnya untuk pasar lokal di daerah-daerah.

OLX memiliki fitur dua cara pemasangan iklan, yaitu menggunakan perangkat desktop ataupun smartphone melalui aplikasi resminya, baik yang berbayar maupun gratisan (listing selama 90 hari).

Iklan OLX yang premium atau berbayar ada 4 macam, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Top listing – jika anda memilih pada top listing akan menggunakan jumlah 25 poin. Kelebihan top listing di olx adalah iklan anda akan muncul pada halaman pertama dan bagian paling atas sesuai kategori selama 1 minggu/7hari, dengan top listing kesempatan berjualan laris di olx ini lebih besar, karena dalam hitungan jam sudah ribuan orang melihat iklan anda tersebut.
  • Latar belakang kuning – berbeda dengan top listing jumlah poin yang di gunakan hanya 2 poin, ini berfungsi agar tampilan iklan di listing atau halaman kategori terlihat kuning pada bagian slot iklan anda.
  • Judul huruf tebal atau bold – cara ini agar judul iklan anda menjadi tebal di banding iklan gratis lainnya, sehingga berpontesi banyak pengunjung melihat produk yanga anda jual tersebut.
  • Hot items – pilihan ini paling banyak di gunakan, selain menggunakan poin hanya 2 poin, iklan anda akan terlihat lebih profesional dan banyak sekali orang melihat iklan tersebut, karena pengujung mengira jika produk anda jual tersebut sedang laris di jual dan banyak dilihat orang.

Email Marketing

Email marketing adalah cara pemasaran produk dengan mengirimkan penawaran kepada calon konsumen melalui email.

Setiap kali transaksi yang terjadi di toko online atau website Anda, pembeli atau calon pembeli disarankan atau bila perlu diharuskan agar mengisi alamat email yang bisa dihubungi balik selain mengisi nama, alamat dan kontak telp/WA.

Email marketing adalah salah satu strategi online marketing yang sudah sering diimplementasikan oleh berbagai bisnis dan merupakan salah satu dari upaya digital marketing yang sudah cukup lama digunakan tapi masih relevan untuk saat ini. Hal ini terkait dengan berbagai kelebihannya membantu bisnis berkembang dengan baik.

Kelebihan dari email marketing:

  1. Hanya membutuhkan biaya kecil tetapi bisa meningkatkan peluang dalam memberikan hasil yang maksimal
  2. Saat ini masih disukai calon konsumen karena terkesan profesional
  3. Promosi online ini lebih efektif dibanding media sosial
  4. Cara ini memungkinkan komunikasi yang lebih personal
  5. Lebih mudah dalam menjangkau konsumen meskipun dengan berbagai perangkat yang berbeda

Berikut strategi marketing yang bisa Anda coba untuk memasarkan produk atau promosi online dengan lebih optimal melalui email:

  1. Memanfaatkan Plugin Email Marketing
    Menggunakan plugin email marketing sangat penting bagi Anda yang memiliki website atau toko online dalam platform WordPress. Upaya pemasaran Anda akan jadi lebih mudah dan cepat.

Pemasangan plugin pada website ini dapat membantu Anda dalam upaya membuat campaign untuk mendapatkan leads.

Ada banyak plugin yang bisa Anda pilih. Salah satu di antaranya adalah Sumo, yang sudah digunakan lebih dari 800 ribu website di seluruh dunia dengan fitur unggulan seperti list builder dengan berbagai variasi form.

  1. Menggunakan Platform MailChimp
    Diantara beberapa platform email marketing, MailChimp adalah salah satu yang terbaik. Apalagi, Anda bisa menggunakannya secara gratis dengan fitur terbatas.

Mailchimp akan memudahkan upaya pemasaran Anda dengan berbagai fitur seperti pengiriman email otomatis, integrasi dengan berbagai tools lain dan berbagai pilihan campaign sesuai masing-masing bisnis.

  1. Mengirimkan Email Blast
    Email blast adalah kegiatan mengirimkan email ke banyak orang sekaligus. Dalam strategi email marketing, email blast sering digunakan untuk menjangkau calon konsumen dengan cepat dan mudah secara masif tapi tetap sesuai target audiens yang tepat jangan asal spamm.

Email Blast ini bisa dilakukan secara otomatis menggunakan platform khusus. Beberapa platform yang umum digunakan adalah MailChimp dan Zoho Campaign.

Untuk memastikan platform tersebut sesuai kebutuhan, pastikan Anda mengetahui cara memilih platfrom email blast yang baik dan tertarget.

  1. Melakukan Email List Building
    Kenapa Anda perlu membangun email list? Sebab, Anda jadi bisa tahu siapa yang tertarik dengan produk Anda. Lalu, mengirimkan konten promosi untuk mereka.

Untuk membangun email list, Anda perlu strategi yang tepat. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengadakan giveaway produk, atau membuat landing page khusus.

  1. Meningkatkan Open Rate Email
    Apa artinya Anda menyebar banyak email promosi tapi tak pernah dibuka oleh target konsumen Anda?

Salah satu cara evaluasi promosi online ini yang bisa dilakukan adalah dengan melihat atau mengetahui seberapa banyak orang yang membuka email Anda (email open rate) dan berapa orang yang mengklik link di email tersebut (click through rate). Kedua cara ini memang bisa memberi gambaran apakah strategi email marketing Anda bekerja.

Tetapi satu fakta yang sering dilupakan adalah bahwa click through rate sangat bergantung dengan email open rate karena orang-orang hanya akan mengklik sebuah link jika mereka membuka email itu sendiri. Untuk mendapat click through rate yang tinggi, Anda memerlukan pelanggan yang mau untuk membuka email yang Anda kirim.

Oleh karena itu, mengetahui cara meningkatkan open rate sangat penting dalam upaya email marketing. Tujuannya, agar tingkat click-through rate dan conversion rate bisa meningkat.

Pada dasarnya, untuk membuat target konsumen membuka email Anda bisa dimulai dengan memastikan tujuan target sudah tepat. Kemudian, membuat subjek email yang menarik.

Broadcast WhatsApp

Setiap kali penjualan atau transaksi yang terjadi pasti data pembeli akan tercatat otomatis atau manual termasuk nomor whatsapp dari pembeli.

Anda mungkin juga memiliki daftar nomor kontak di WA seperti dari group WA, teman atau secara manual Anda masukkan sendiri. Nomor-nomor WA ini bisa juga menjadi target promosi online kita.

Anda bisa mengirimkan pesan promosi secara langsung, lengkap dengan katalog, gambar, video maupun url website Anda dengan cara broadcast. Namun saat ini WA sudah membatasi fitur tersebut, karena resikonya nomor WA bisa disuspen oleh pihak WhatsApp, sehingga Anda tidak bisa seenaknya mengirimkan pesan promosi online.

Untuk melakukan broadcast WhatasApp dipelukan tool khusus dan untuk antisipasi juga diperlukan nomor WA khusus. Trik pemasaran online ini bisa menggunakan WA Marketing Robot dalam mengirimkan promosi online secara masal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *