Jualan tanpa modal

Jualan Tanpa Modal Dengan Trik Viral Marketing

Zaman sekarang melakukan apa saja kini lebih mudah karena semuanya sudah serba digital. Dalam berbisnis pun, pangsa pasar digital kini menjadi tempat yang cukup menjanjikan dalam memulai bisnis. Anda sekarang bisa memulai bisnis online dengan jualan tanpa modal, tanpa memiliki produk, memulai bisnis online bisa menjadi dropshipper atau reseller.

Cara Menjadi Reseller Jualan Online Tanpa Modal Dan Stok Barang

Mungkin bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan saat ini membuat pusing tujuh keliling. Anda ingin memulai usaha tetapi tidak punya modal.

Sebenarnya ada banyak tips dan trik dimesin pencarian google kalau mau mencarinya, bagaimana jualan tanpa modal secara online. Bahkan Anda bisa langsung praktek, pada artikel ini juga dibahas satu persatu caranya.

 

Pada umumnya bila ingin memulai usaha jualan online paling tidak kita harus punya modal meskipun sedikit untuk bisa diputar. Banyaknya Marketplace atau toko online adalah merupakan peluang dan juga tantangan bagi Anda. Memang ada beberapa pengetahuan yang harus dipelajari dan dikuti sebelum mulai berjualan secara online, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan terlebih dahulu.

Apakah barang atau produk maupun jasa yang akan ditawarkan dan apakah ada peluangnya laku?

Pertanyaan diatas harus bisa dan yakin Anda jawab sendiri untuk merealisasikannya, sebelum benar-benar mulai jualan online.

Bila belum yakin berarti ada beberapa pengetahuan dalam bisnis online dan syarat teknis yang belum bisa Anda penuhi, berikut ini apa saja yang harus dipertimbangkan dan harus bisa dicarikan solusinya:

  1. Bagaimana ketersediaan produk berupa barang atau jasa yang akan dijual secara online. Bagaimana distribusi barang atau jasa hingga diterima konsumen atau pembeli.
  2. Bagaimana target pasar atau siapa audience yang bisa ditawari produk, agar mau membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Dimana bisa mendapatkan target pasar atau market yang potensial, dalam meningkatkan potensi terjadinya transaksi jual-beli.
  3. Bagaimana sistem pembayaran yang akan dipakai oleh pembeli hingga uang bisa Anda terima.

Pertama memang Anda harus mengetahui cara menyiapkan barang untuk dijual, mengetahui cara pengemasan dan pengiriman barang dari distributor.

Pake jasa ekspedisi pengiriman apa dan berapa ongkos kirimnya, karena konsumen atau target pasar tentu alamat pengirimannya akan berbeda-beda pula.

Memahami betul seluruhnya alur proses dari hulu-kehilir, karena produk yang dijual mungkin bukan milik Anda sendiri. Disini Anda mungkin hanya sebagai makelar dengan sistem komisi.

Kepercayaan atau Trust dengan pemilik barang maupun distributor sangat penting. Anda harus bisa meyakinkan diri agar bisa jualan online tanpa modal sekalipun.

Caranya bisa pendekatan secara personal bila memungkinkan dengan mendatangi langsung, atau dengan memanfaatkan sistem program affiliasi dari distributor dalam mendapatkan komisi penjualan jika ada.

Dengan modal kepercayaan saja disini sebenarnya sudah cukup, sehingga Anda bisa langsung berjualan online tanpa memiliki modal dan bahkan tanpa harus menyetok barang atau produk jualan sendiri.

Kedua bagaimana Anda mendapatkan pengunjung atau trafik audience yang tertarget, untuk mendapatkan pembeli. Bila tidak mempunyai website sendiri dalam mendatangkan trafik, Anda bisa mulai dengan memanfaatkan media sosial dan marketplace yang ada.

Ketiga bagaimana membangun reputasi bisnis agar dipercaya dalam jualan secara online. Bila Anda bisa meyakinkan calon konsumen untuk langsung bertransaksi dengan transfer langsung ke rekening milik Anda sendiri berarti sudah dipercaya dalam jualan secara online. 

Usaha dalam meningkatkan rating reputasi online ini penting sekali agar dipercaya dan mendapatkan pelanggan calon pembeli baru, serta menjaga pelanggan setia agar terus terjadi transaksi pembelian.

Anda mungkin saja tidak dipercaya oleh calon konsumen, sehingga  konsumen target market jualan online enggan untuk mentransfer sejuamlah uang langsung ke rekening Anda. 

Untuk menjembatani reputasi yang minim dalam transaksi penjualan, Anda bisa mulai jualan online dengan memanfatkan pihak ketiga seperti escrow atau bisa juga langsung dengan berjualan mengguna marketplace seperti bikin toko di shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, blibli dan lain-lain. 

Transaksi penjualan yang terjadi di marketplace atau escrow memang membutuhkan waktu sebelum Anda mendapatkan uang atau hasil pencairan dana dari penjualan yang terjadi.

Alur proses jual-beli harus dipastikan tidak ada kendala. Mulai pengemasan barang kemudian dikirim menggunakan jasa ekspedisi hingga diterima oleh pembeli tanpa komplain, karena Anda menggunakan jasa pihak ketiga seperti escrow atau marketplace. Kalau ada kendala pasti kemungkinan uang hasil penjualan akan tertahan, sebelum kendala tersebut diatasi sepenuhnya.

Website gratisan dalam mendatangkan trafik yang tertarget.

Pebisnis online yang profesional biasanya menggunakan website sebagai sumber trafik atau audience yang akan ditarget.  Dalam mendatangkan trafik biasanya dengan melakukan optimasi pencarian kata kunci tertentu yang relevan dengan produk yang akan ditawarkan atau dengan SEO pada penulisan artikel tertentu agar muncul di mesin pencarian google, bing, yahoo dan lain-lainya.

Untuk memulai website bisnis memang biasanya butuh modal untuk beli nama domain, biaya hosting dll. Bagi Anda yang ingin memulai usaha online tanpa modal bisa memanfaatkan website gratisan atau blog gratisan dalam mendatangkan trafik. Berikut web 2.0 atau blog gratisan yang bisa Anda coba pakai untuk optimasi artikel SEO:

Keuntungan penggunaan website dan blog gratisan adalah selain tanpa harus bayar Anda bisa memanfaatkannya sebagai backlink nantinya bila sudah memiliki website khusus untuk bisnis online sendiri.

Agar website bisa rangking dan berada dihalaman satu search engine google memang butuh effort dan waktu dalam mengerjakannya, sebab penulisan artikel SEO yang baik juga ada ilmunya selain pengetahuan tentang produk yang ditawarkan itu sendiri.

Mendatangkan trafik atau audience dari Instagram, Facebook, Youtube dan Tiktok dengan trik viral.

Cara yang lebih cepat namun efektif dalam mendatangkan trafik untuk target pasar adalah melalui sosial media dan membuat kontennya jadi viral atau paling gak dishare oleh banyak orang.

Media sosial yang efektif dan sering digunakan untuk trik viral adalah Instagram, Facebook, Youtube dan Tiktok. Bila belum mempunyai akun-akun media sosial tersebut sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mulai bikin akun sendiri.  Hal ini dilakukan juga untuk tujuan memulai membangun branding bisnis Anda dalam meningkatkan reputasi dan kepercayaan secara online melalui media sosial.

Untuk bisa menarik minat orang harus dipancing, bisa melalui postingan tulisan artikel atau video dan gambar yang menarik. Berikut ini syarat agar banyak yang mau melihat konten yang dibuat, serta konten berpeluang menjadi viral dan dishare oleh target audience :

  • Judul postingan konten yang heboh, tidak umum, aneh, unik dan menimbulkan tanda tanya sehingga menarik minat untuk mencari jawabanya. Apakah itu benar nyata berupa fakta atau tidak, dimana dan bagaimana terjadinya.
  • Gambar yang unik, aneh, tidak umum atau tidak biasa dan bikin penasaran. 
  • Bila berupa video selain judul yang heboh, tidak umum, aneh, unik dan menimbulkan tanda tanya sehingga menarik minat untuk mencari jawabanya. Thumbnail gambar dari video juga harus unik, aneh, tidak umum atau tidak biasa dan bikin penasaran untuk klik play.

Umumnya trik viral tersebut paling efektif bila menggunakan konten berupa video, karena bisa mencakup tiga aspek diatas sekaligus judul-thumbnail-video. 

Bikinlah video menggunakan mobile gadget, HP atau perangkat komputer Anda dengan memanfaatkan software gratisan, karena banyak juga software pembuat video yang gratis meskipun ada batasan fitur ataupun durasi video yang dihasilkan.

Bikin beberapa versi video baik ukuran resolusi dan durasi yang berbeda-beda sesuai target sosial media yang akan digunakan dalam trik viral. Pastikan ukuran resolusi dan durasi video yang dibuat cocok untuk diposting di-Instagram, video untuk diposting di-facebook, resolusi video maupun durasi yang cocok untuk diposting di-youtube dan juga video untuk diposting di-tiktok. 

Pada postingan jangan lupa untuk menggunakan tagline yang lagi trend atau ngehits selain tagline jualan Anda. Hal ini dilakukan karena mungkin follower Anda masih sedikit, jadi harus digunakan tagline agar postingan video mempunyai peluang dilihat selain oleh teman sendiri.

Bila interaksi yang terjadi di-media sosial banyak mendapatkan like, share dan komentar yang positif berarti konten yang dibuat sukses menarik minat audience dalam mendatangkan trafik.

Silahkan baca juga artikel : Cara Menawarkan Produk Secara Online Gratisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *