Lowongan Bisnis Online

Cara Jualan Online Tanpa Modal Dan Stok Barang

Anda mungkin berusaha memikirkan berbagai jalan tentang cara mendapatkan penghasilan tambahan. Modal anda terbatas tetapi punya hasrat yang tinggi untuk memiliki bisnis sendiri, anda tidak sendiri problematika ini pasti juga dirasakan oleh orang lain. Bagaimana jika mencoba berjualan secara online tanpa modal sedikit pun atau memulai bisnis sendiri dengan modal sedikit. Mungkin anda sendiri ragu atau tidak yakin dengan peluang yang akan anda ciptakan juga, karena kurangnya ilmu tentang bisnis atau jualan online itu sendiri. Di dalam diri atau pikiran anda sendiri akan terjadi perdebatan sengit, karena anda tidak yakin akan berhasil dan sukses kedepannya, Anda belum pernah melakukannya atau takut gagal sehingga menjadi ragu.

Lowongan Bisnis Online - NanoStudio.id

Secara umum, jika Anda ingin memulai bisnis jualan online, setidaknya kita harus memiliki modal, setidaknya kita harus memiliki produk yang dapat dijual online dalam bentuk barang atau jasa. Saat ini agar bisa berjualan online anda tidak harus memiliki modal dan harus stok barang sendiri, anda tidak perlu terlalu khawatir memang berjualn online harus mengetahui dasar ilmunya dan tidak boleh asal jualan kalau tidak ingin rugi. Sebelum mulai berjualan secara online, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan disiapkan sebagai berikut:

Informasi secara detail mengenai produk yang akan dijual online, serta harga kompetitif yang menguntungkan.

Jalur distribusi atau proses pengiriman barang.

Kepercayaan atau Trust dengan pemilik barang maupun distributor.

Traffic audiens calon customer maupun pelanggan yang ingin kita target.

Kepercayaan atau Trust dari calon pelanggan atau pembeli yang kita target.

Dari poin-poin diatas anda mungkin sedang bertanya-tanya ataupun bingung bagaimana memulainya. Pada artikel ini dibahas langkah-langkah bagaimana agar anda bisa berjualan online, menjual produk milik sendiri maupun produk orang lain atau dari distributor.

Langkah pertama adalah menentukan produk yang akan dijual online, bisa dalam bentuk barang atau jasa. Apakah anda punya ide dan keinginan untuk menjual produk misal dari hobi dan keahlian khusus yang bisa dijual sebagai jasa, dalam hal ini produk jasa yang dibutuhkan orang lain atau barang yang bisa diproduksi banyak. Bila anda bingung menentukan produk bisa coba mencari referensi produk di marketplace, cari produk apa saja yang banyak penjualnya lalu cari distributor terdekat dengan anda untuk kerjasama.

Kedua pelajari detail informasi produk yang anda tentukan, mempelajari spesifikasi produk secara keseluruhan. Anda harus memahami betul produk yang akan dijual seperti kelebihan, kelemahan, ciri khusus, dan kualitas produk dibandingkan dengan pesaing dari produk yang sama di pasaran. Pemahaman terhadap produk serta menguasai materi informasi produk penting saat anda berusaha meyakinkan calon pembeli, akan menjadi lebih fleksibel dalam merespon segala pertanyaan terkait produk, serta membantu anda dalam menentukan harga produk yang layak dan menguntungkan dipasaran.

Yang ketiga adalah saluran distribusi, tujuannya adalah untuk menjamin ketersediaan barang atau jasa yang akan dijual. Cara mengemas dan pengiriman hingga produk diterima konsumen. Produk yang habis akan mengecewakan pembeli hal ini merupakan kerugian kita juga, jangan sampai produk kosong saat ada permintaan atau saat ada pembeli yang berminat untuk beli. Kempat jika anda ingin menjual produk orang lain atau mendapatkan pasokan produk dari distributor. Seringkali Anda mungkin pernah mendengar kata dropship, istilah yang menjual produk tanpa harus menyimpan stok barang sendiri di mana pengiriman hingga pengemasan ditangani sepenuhnya oleh distributor. Menjual produk orang lain tanpa stok barang sendiri saat ini dikenal sebagai istilah dropship, dimana pihak distributor lah yang mengerjakan seluruh proses pengemasan dan pengiriman barang saat terjadi transaksi dengan konsumen. Di pasar / Marketplace, fitur dropship biasanya disediakan ketika Anda memesan sebagai pembeli, tetapi alamat tujuan pengiriman yang dimasukkan adalah alamat pembeli dari Anda dan meminta mencantumkan informasi bahwa pengiriman dari Anda sebagai penjual selaku dropshiper. Jika Anda dibatasi oleh modal uang dan tidak dapat melakukan transaksi di merketplace sebagai dropship, satu-satunya cara Anda harus dapat menemukan distributor dengan modal kepercayaan. Yakinkan Anda amanah, bukan penipu dan serius bekerja sama dengan distributor untuk menjalankan bisnis bersama yang saling menguntungkan. Tidak mudah memang untuk mendapatkan kepercayaan, setidaknya Anda harus sering berinteraksi langsung dengan menjalin hubungan pribadi dengan para distributor untuk membangun rasa saling percaya.

Kelima adalah trafik audience calon target customer atau pembeli mungkin tertarik untuk membeli produk jualan yang ditawarkan. Membawa lalu lintas ini dapat merupakan trafik berbayar atau melalui iklan dan dengan cara gratis, misalnya membangun branding untuk menumbuhkan pengikut (follower) melalui saluran YouTube, Instagram, atau dapat melalui Fanpage dan Facebook. Tingkatkan pengikut Instagram atau Anda dapat meningkatkan pengikut dihalaman penggemar Facebook. Banyaknya trafik audience tertarget ini penting karena seperti halnya pada pasar tradisional tanpa adanya kerumunan calon pembeli transaksi jual beli akan sulit tercapai.

Keenam adalah mendapatkan kepercayaan atau dipercaya oleh calon pembeli. Kepercayaan ini penting sebab calon pembeli yang berminat beli diharapkan bisa langsung transfer untuk menyelesaikan proses pembayaran. Pastikan untuk memberikan informasi terperinci tentang identitas Anda seperti kontak yang dapat dihubungi dan alamat bisnis yang jelas, untuk memastikan bahwa anda bukanlah penipu. Sebagai seorang pengusaha online, memiliki reputasi yang baik sangatlah penting, agar tidak dianggap sebagai seorang penipu dimata pelanggan Anda.

Bisnis Tanpa Modal di HP

Join Usaha Tanpa Modal

Banyaknya kendala biasanya sering dihadapi oleh para pemula jualan online atau bagi Anda yang baru memulai usaha online, seperti yang suudah disebutkan pada poin-poin diatas sebelumnya.

Kendala yang sering dihadapi biasanya adalah distributor, trust atau kepercayaan dan pembayaran online.

Untuk dapat meminimalkan hambatan dalam penjualan online, disarankan bagi pemula untuk menggunakan aplikasi penjualan online yang bisa tanpa modal dan stok barang. Aplikasi yang cocok adalah yang disediakan marketplace gratis misalkan Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Misalkan untuk kendala distributor untuk dropship bisa menggunakan aplikasi Tokopedia untuk jualannya kita bisa menggunakan aplikasi Shopee dan Bukalapak, tidak disarankan menggunakan satu aplikasi yang sama untuk distributor dan untuk berjualan sekaligus.

Cara Menjadi Reseller Online Shop Tanpa Modal

Bila anda mempunyai kendala kepercayaan dengan distributor, misalkan karena keterbatasan modal sehingga tidak bisa transaksi menggunakan marketplace maka mau tidak mau Anda harus mulai menumbuhkan kepercayaan dengan distributor yang dikehendaki. Cobalah menjual dan menawarkan produk dari distributor langsung ke pembeli potensial anda, dengan kesepakatan harga yang disarankan pihak distributor. Bila terjadi transaksi atau misalkan laku pembayarannya suruh langsung ke rekening distributor, selanjutnya baru anda minta komisi dari hasil penjualan tersebut. Lakukan terus-menerus hingga distributor percaya dengan Anda hingga mendapatkan harga reseller yang lebih menguntungkan dan tanpa harus bayar dahulu, ini akan lebih baik lagi karena anda bisa memainkan harga lebih banyak lagi untuk mendapatkan untung, bila transaksi pembelian langsung masuk ke rekening anda sendiri.

Bisnis Online Tanpa Modal Dan Terpercaya

Bisnis online tanpa modal dan tanpa stok produk sendiri untuk memulainya itu mudah, jika Anda sudah memiliki kolam target pasar sendiri dengan traffic pengunjung yang banyak dan jika Anda sudah memiliki juga koneksi yang baik dengan distributor produk.

Koneksi disini juga dapat berupa distributor, mendapatkan pemasok bahan baku, dan untuk mendapatkan produk jadi yang akan dijual.

Definisi kolam yang tertarget disini bisa berupa website dengan trafik pengunjung yang banyak, dengan peringkat halaman SEO yang bagus di pencarian Google. Bisa juga berupa akun sosial media yang sudah banyak memiliki follower. Instagram, Twitter, saluran YouTube, dan halaman penggemar Facebook adalah akun media sosial gratis yang biasa digunakan untuk mendapatkan pengikut sebanyak mungkin.

Memang tidak bisa dipungkiri bagi pelaku bisnis online pemula bahwa masalah kepercayaan seringkali menjadi kendal, hal ini harus bisa diatasi agar usaha online yang dimulai bisa bertahan dan berkembang. Perlu dipahami bahwa transaksi jual-beli antara pedagang dan pembeli baru akan terjadi bila masing-masing pelaku bisa saling percaya. Mampu membangun kepercayaan dengan reputasi yang baik di dunia online sangatlah penting, reputasi yang buruk akan membuat bisnis Anda tidak dapat diandalkan dan berujung pada kegagalan penjualan online.

Saat ini cara terbaik untuk membangun kepercayaan dan reputasi di dunia online adalah dengan menggunakan media sosial. Anda dapat memberi merek secara gratis, memamerkan dan mempromosikan produk ke teman atau pengikut yang mungkin Anda miliki sendiri. Menggunakan media sosial juga dapat membangun personal branding diri anda sendiri, dalam meningkatkan kepercayaan kepada siapa pun, sehingga dapat dipercaya dalam berkolaborasi dengan siapa pun untuk mengembangkan bisnis anda.

Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Seorang anak atau pelajar biasanya suka bermain, kegiatan rutin lainnya hanyalah belajar untuk mempersiapkan masa depannya dan beribadah bagi yang sudah akil baligh. Mencari duit atau menghasilkan uang sendiri adalah kegiatan yang tidak wajib harus dilakukan oleh pelajar.

Anda sebagai orangtua mungkin seringkali khawatir dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini. Informasi baik dan buruk dapat diakses secara bebas dan mudah menggunakan komputer maupun melalui perangkat seluler yang sering digunakan oleh anak Anda sendiri.

Tentu anda sebagai orangtua tidak ingin anak anda terpengaruh dengan informasi hoax yang menyesatkan, maupun mengakses situs-situs porno bukan. Tentu juga tidak ingin anak anda menghabiskan waktu percuma dengan HP atau perangkat mobilnya. Anda pastinya juga tidak ingin anak Anda menghabiskan waktu yang sia-sia dengan gadget atau perangkat selulernya.

Anda dapat mengarahkan anak Anda untuk memiliki kegiatan yang positif dan produktif, misalnya untuk mengarahkan anak-anak agar berjualan secara online.

Anda bisa mulai mempertimbangkan bisnis online tanpa modal untuk pelajar seperti apa yang cocok untuk anak anda. Pertama-tama identifikasi serta kumpulkan data sebanyak mungkin tentang anak anda, seperti hobi atau kegemarannya, potensi yang dimiliki dan akun sosial media yang sering digunakan. Jika Anda kesusahan untuk bisa mengetahuinya, coba catat dan kumpulkan data-data sebanyak mungkin tentang anak Anda sendiri, dari hobi hingga kegemarannya, bisa juga dari potensi akun media sosial yang sering digunakan dan hal-hal lain daripada melakukan kegiatan yang tidak perlu.

Daftar Bisnis Online

Berikut ini adalah contoh jenis bisnis online tanpa modal yang cocok untuk siswa / pelajar: Usaha online dengan menjual jasa pembuatan artikel, tentu saja harus sesuai topik yang digemari oleh anak agar tidak menjadi beban. Jasa desain grafis, bagi anak yang suka menggambar dan punya keahlian menggambar. Usaha online dengan menjual jasa desain logo, seperti usaha diatas cocok untuk anak yang suka menggambar dan punya bakat dalam menggambar. Perdagangan online dengan menjual jasa pembuatan video pendek, misalnya dalam bidang promosi atau untuk memposting konten dijejaring sosial. Bisnis ini sangat cocok untuk siswa yang suka merekam atau mengabadikan momen tertentu menggunakan kamera ponsel. Bisnis online dengan menjual jasa Like dan Share dimedia sosial. Bisnis online yang menjual layanan distribusi brosur digital mendistribusikan item promosi gratis ke banyak akun media sosial dan blog populer yang berperingkat tinggi di halaman Google. Berdagang secara online dengan menjual makanan atau minuman sendiri. Bisnis online dari menjual produk buatan sendiri atau bisa juga produk orang lain, misalnya dari tetangga dengan sistem komisi atau bagi hasil. Menjual produk fashion sesuai usia anak, produk tidak harus punya dan stok sendiri, dengan melakukan survei sendiri langsung ke pedagang besar setidaknya sudah tahu harga minimum untuk mendapatkan keuntungan. Misalkan pakaian seragam dari Tanah Abang, bila ada pembeli yang berminat baru dibelanjakan ke Tanah Abang atau dengan sistem komisi dari toko atau grosir yang dikenal. Calon pembeli atau pelanggan tertarget dapat mulai dari teman sendiri, melalui pengikut / follower dari media sosial yang mereka miliki. Bisnis online dengan membuat konten YouTube sendiri yang menarik atau edukatif untuk menghasilkan uang dari google adsense atau iklan. Konten harus sesuai dengan potensi siswa atau anak-anak, misalnya cara cepat menghitung pembagian besar, cara menghafal surat pada Alquran atau doa sehari-hari. Membuat game aplikasi Android untuk menetize iklan, sesuai minat anak atau kegemaran anak yang sering main game. Alat ini dapat menggunakan Roblox atau membeli sorce code permainan yang siap pakai agar bisa memodifikasi ikon, latar belakang, dan aset gambarnya, kegiatan ini dikenal sebagai reskin game.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *