Pada era informasi saat ini yang berkembang sangat cepat kita dituntut untuk juga mengikuti kemajuan teknologi informasi, dalam segala hal termasuk untuk promosi online. Selain alamat fisik tempat usaha, toko atau kantor kita juga harus punya alamat virtual usaha atau bisnis kita, untuk memudahkan mitra usaha dan customer kita agar mudah menemukan informasi detail tentang produk kita dengan cepat.
Informasi bisnis, informasi produk usaha dan alamat secara virtual akan bisa meningkatkan potensi pencarian pada search engine Google, Yahoo, Bing & MSN, ataupun media sosial sehingga bisa meningkatkan pula peluang penjualan secara online.
Digital Marketing Sebagai Upaya Promosi Online
Digital Marketing adalah upaya pemasaran produk barang atau jasa secara digital yaitu media elektronik terutama yang terhubung internet untuk mendatangkan calon konsumen atau mendapatkan pembeli produk sebanyak mungkin, seperti halnya tujuan pemasaran secara konvensional-offline.
Toko online, website atau landing page untuk promosi online adalah kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang membentuk satu rangkaian informasi dari produk barang atau jasa kita yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink pada interconnection-networking,
Strategi pemasaran Digital Marketing ini memungkinkan promosi online, penawaran produk kita memungkinkan jangkauannya tak terbatas luas keseluruh dunia selama 24 jam. Calon konsumen bisa mendapatkan akses detail informasi produk barang-jasa yang kita tawarkan, bahkan memungkinkan transaksi tercatat secara otomatis tanpa campur tangan manusia lagi.
Media Sosial adalah media online (daring) yang dimanfaatkan sebagai sarana pergaulan sosial secara online di internet. Di media sosial ini, para penggunanya dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking, dan berbagai kegiatan lainnya termasuk jualan produk barang atau jasa. Contoh media sosial yang efektif dan telah banyak digunakan untuk jualan produk barang dan jasa diantaranya adalah sbb: facebook, youtube, instagram, twitter, google+ dll.
Pada strategi pemasaran Digital Marketing ini kita dituntut supaya mempunyai lebih banyak teman, follower atau audiance agar saat posting untuk promosi online dan menawarkan produk agar informasinya langsung bisa diketahui oleh banyak orang. Bila produk ternyata disukai, dikomentari, dan di-share otomatis akan menjadi testimoni positif sehingga potensi untuk menjadi viral juga semakin tinggi.
Setiap orang pasti punya email dan no. Hp pada era internet saat ini, terutama pengguna perangkat mobile seperti smartphone. Betapa pentingnya email dan no. Hp saat ini menjadikan kontak data ini sebagai senjata dalam promosi online berupa asset digital yang berharga, data-data tersebut banyak dikumpulkan oleh perusahaan-perusahaan raksasa seperti google, facebook, amazon, whatsapp, grab dll.
Banyak metode dan cara yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tersebut dalam mengkoleksi data kontak, agar pangguna atau pengunjung website dan aplikasi rela memasukkan data mereka ke form-submit atau form order.
Pada strategi pemasaran Digital Marketing ini kita memanfaatkan data kontak email dan no. Hp untuk mengirim pesan secara masal serta terjadwal otomatis penawaran produk barang-jasa pada seluruh calon pelanggan yang kita targetkan. Contohnya kita bisa memanfaatkan tool-aplikasi Mailchimp, AWeber, Getresponse dll.
Iklan adalah pesan promosi online berbayar pada produk barang atau jasa yang disampaikan melalui media, dalam hal ini melalui media elektronik yang terhubung internet untuk tujuan menarik minat pembeli atau calon pelanggan dari produk yang dipromosikan.
Contoh iklan berbayar yang banyak digunakan berdasarkan minat dan reputasinya pada Digital Marketing adalah sbb: google adwords, facebook ads, microsoft bing ads, twitter ads.
Startegi pemasaran Digital Marketing iklan inilah yang paling cepat dalam mendatangkan calon pembeli produk barang-jasa. Banyak perusahaan-perusahaan besar akan selalu menggunakan iklan dalam pemasarannya, bahkan ada yang menggunakan hingga 30% dari modalnya hanya untuk membayar iklan tiap tahunnya. Kita tidak bisa mengesampingkan biaya iklan dalam mempromosikan produk kita pada calon pembeli.
Contoh kasus pentingnnya untuk ber-iklan:
Kita misal mempunyai produk fashion harganya 250 ribu, produk kita belum dikenal banyak orang tapi kualitasnya tidak kalah dari barang bermerek lainnya. Dari satu produk fashion tersebut katakanlah kita mengambil untung 100 ribu dipotong dari biaya produksi dan bahan. Kita menggunakan iklan facebook dengan budget 300 ribu untuk sepuluh hari dengan estimasi tiap hari akan menjangkau 3000 orang dengan biaya 30 ribu, total setelah iklan tayang dalam sepuluh hari akan menjangkau 30000 orang. Katakanlah produk yang diiklankan laku 3 pcs sudah balik modal iklan, bisa kita bayangkan bila produk tersebut ternyata laku 100 pcs, atau 1000 pcs atau bahkan lebih.
Trafik atau pengunjung pada website, toko online atau landing page pada Digital Marketing korelasinya sama dengan uang. Semakin banyak pengunjung atau trafik maka semakin banyak pula potensi pendapatan dari internet yang didapatkan.
Berbagai macam metode yang digunakan oleh para pakar internet marketer dalam mendatangkan pengunjung atau trafik pada website untuk promosi online bisa dari iklan, SEO, share dari media sosial, endorse dll.
Pada strategi pemasaran Digital Marketing ini kita sudah mulai masuk pada tingkat penimbangan-analisis-kesimpulan, apakah pengunjung hanya membaca konten informasi pada website dan kemudian pergi tidak membeli sama sekali atau benar-benar jadi membeli produk yang kita tawarkan.
Pengunjung website biasanya dibagi dalam tiga kategori hanya penasaran karena keingin tahuan, orang yang benar butuh atau suka dan orang yang tidak butuh atau belum benar-benar membutuhkan.
Ada bebrapa foktor juga pengunjung website urung membeli produk yang ditawarkan bisa karena harga yang mahal, produk yang kurang meyakinkan dan kalah bersaing dengan produk sejenis lainnya, bisa juga karena kualitas ataupun detil informasi yang minim pada konten.
Banyak tidaknya traffik atau pengunjung yang sesuai traget pemasaran adalah indikator kesuksesan bisnis atau usaha kita dalam mendapatkan pembeli pada era informasi digital saat ini.
Penjualan adalah tujuan utama dalam suatu usaha produk barang atau jasa. Keberlangsungan suatu bisnis tergantung dari hasil penjualan produknya, dengan adanya penjualan maka ada pemasukan dalam putaran modal dan roda bisnis usaha Anda.
Strategi pemasaran Digital Marketing untuk promosi online terakhir kali ini adalah memaksimalkan atau meningkatkan penjualan dari suatu penjualan. Para pakar internet marketer menyebut trik ini sebagai Upsell yaitu penjualan dari hasil penjualan yang didapatkan, bisa juga disebut sebagai trik funneling dari hasil sales.
Ada berbagai macam cara yang dilakukan dalam menerapkan trik upsell, bisa dengan discount khusus terhadap pelanggan menggunakan pesan email manual maupun otomatis, bisa juga pada website secara otomatis menawarkan produk lain yang sesuai setelah pembayaran selesai bila memiliki lebih dari satu produk barang atau jasa.
Kenali Segala Kebutuhan Untuk Usaha Anda
Ada beberapa syarat mutlak agar usaha barang-jasa Anda bisa dipromosikan secara online, setiap pilihan-pilihan dibawah ini adalah informasi terkait kebutuhan usaha agar bisa Go-Online dengan memanfaatkan kekuatan dari teknologi informasi internet saat ini.
- Informasi Usaha
- Promosi Produk / Jasa
- Pixel Targeting Setup
- Alamat & Kontak
- Google Map
- Mobile Friendly
- Upload Hingga 1000 Produk
- Alamat & Kontak
- Pembayaran Online
- Tracking Pengiriman
- Pixel Targeting
- Mobile Friendly
- Promosi Produk / Jasa
- Alamat & Kontak
- Mobile Friendly
- Pixel Targeting Setup
- Media Sosial Share
- Dengan atau Tanpa Hosting
- Promosi Produk Barang / Jasa
- Alamat & Kontak
- Upload di Google Play Store
- Mendapatkan Legitimasi Usaha di Google Play
- Media Sosial Share
- Iklan Facebook
- Iklan Instagram
- Website Pixel Set-up
- Audience Tertarget
- Mendapatkan Data Calon Customer
- Meningkatkan Omset & Penjualan
- Meningkatkan Follower
- Like & Share
- Artikel Kata Kunci Tertarget
- Submit Backlink
- Garansi Terindex di-Search Engine Google
- Potensi Google Pagerank
- Sebar Brosur Digital
- Meningkatkan Trafik Pengunjung
- Potensi Meningkatkan Omset & Penjualan